Belajar Javascript es5 Dan es6 Part 10 High Order Function - Bewok Tekno

STAY HUNGRY STAY FOOLISH

Breaking

Home Top Ad

Wednesday, August 21, 2019

Belajar Javascript es5 Dan es6 Part 10 High Order Function

bewoksatukosong.com | Hallo semuanya balik lagi dengan om bewok, kali ini kita akan melanjutkan tutorial mengenai High Order Array Method. 

Apa lagi tuh om High Order Array Method ?


Bentar om bewok cari dulu di google dulu deh. 😂😂


High Order Function adalah  function yang menerima sebagai argumen atau bisa juga mengembalikan fungsi sebagai output intinya jika kamu menggunakan High Order Function kodingan kamu lebih mudah di baca, short, simple dan mudah di maintain. 


Sebenarnya kalau kalian sudah belajar javascript bertahun tahun atau kalian bekerja sebagai front end programmer pasti kalian pernah melakukan ini, tapi kalian tidak tahu kalau ini bagian dari High Order Function


Ada 3 contoh dari high order function  yang sering kita gunain dan ini yang akan kita pelajari, karena akan sering di gunakan ketika kalian membuat aplikasi menggunakan javascript. 

1. Array.prototype.map
2. Array.prototype.filter
3. Array.prototype.reduce

1. Array Protoype Map 

Map() adalah metode map ini membuat array baru dengan memanggil fungsi kembali(callback) sebagai argumen pada setiap element dalam inputan array. Bingung ya langsung aja kita buat contoh-Nya 

Tampilan-Nya seperti di bawah ini ya

Gambar 1. Hasil menggunakan function map()


2. Array Prototype Filter

Metode Filter berfungsi untuk membuat array baru dengan semua element yang akan di test oleh callback function. Penjelasan-Nya memang agak rumit, tapi prakteknya lebih susah haha enggak kok lebih gampang malah.
Contohnya : kita punya array of object, di dalamnya ada nama dan umur. oke got it ? nih om bewok kasih studi kasus-Nya di bawah
const persons = [
{name: 'andi', age: 25},
{name: 'nasution', age: 15},
{name: 'yadi', age: 40},
{name: 'yani', age: 12},
];

Pertanyaan :  bagaimana cara menampilkan UMUR yang lebih dari 17 tahun dengan menggunakan console.log ? 

Oke kita sudah tau jawabanya karena sedikit properti nya, BAYANGKAN KALAU DI RUMAH KAMU ADA BENDERA (eh mohon maaf di kira lagi jurit malam) Oke lanjut ke topik BAYANGKAN KALAU PROPERTIES NYA JUTAAN, BAGAIMANA CARA MENGETAHUINYA ?

Kita tahu jawabanya yaitu andi dan yadi. nah untuk mempermudah caranya kita gunakan function filter(). kodingan-Nya seperti di bawah ini ya 



Gambar 3. Hasil menggunakan function filter()


3. Array Prototype Reduce

Metode Reduce berguna untuk menjalankan fungsi callback pada setiap array yang menghasilkan nilai output single(jomblo).

Kodingan-Nya seperti di bawah ini ya 


Gambar 4. Hasil menggunakan reduce
Sampai Jumpa pada tutorial-tutorial selanjutnya 

No comments:

Post a Comment