Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram - Tutorial Programming & Digital Marketing

STAY HUNGRY STAY FOOLISH

Breaking

Home Top Ad

Thursday, August 18, 2016

Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram


bewoksatukosong.com | Ada teman om bewok yang  bertanya "Cara mendapatkan Uang Dari Instagram gimana ya? ". Hmm pertanyaan menarik nih, ini jawaban dari om bewok ya, kalau misalnya salah tolong di koreksi lagi atau kalau ada yang mau nambahin bisa comment di bawah, 

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari instagram, kita mulai satu - persatu dulu ya.
Satu | Jual Online, ya betul om bewok ga boong, karena memang instagram kini menjadi pengunjung yang sangat banyak dan lebih banyak orang yang aktif, Kenapa ? karena orang suka ingin tahu kehidupan orang seperti apa, lalu yang pasti status tentunya, lebih tinggi mana statusnya foto di kolong jembatan atau kolam renang hotel yang super mewah ? tentu saja pilihan yang kedua, instagram jadi ujung pamer, kadang gambarnya apa captionya apa, itu sih tergantung perspektif tiap orang ya, tapi ya om bewok lihat seperti itu, tapi ada juga sih orang yang bener - bener iseng aja bikin foto, malah terkadang aib foto jeleknya, nah dari situ jadi banyaklah pengunjung yang aktif, bukan hanya orang indonesia tapi dari seluruh dunia, apalagi perempuan, entah kenapa perempuan suka banget selfie, dan terkadang menggugah foto keseksianya dengan baju yang kurang tertutup, giliran comment yang istilahnya di godain, malah di block akun tersebut atau membalas comment yang kurang menyenangkan, lah kalau kamu di godain jangan upload foto seperti itu, itu kan memancing para lelaki gabut buat comment. Lagipula alesan-nya simple kok kenapa cewe melakukan foto seperti itu ? ya biar di perhatiin ama orang, tapi giliran di comment malah di jutekin, lah kalau kamu sudah berbuat ya harus tanggung jawab, bener ga sih ? Maaf om bewok keluar jalur, soalnya ini lah keresahan om bewok selama ini di instagram.

Nah jika kamu punya product misalnya sepatu, jam tangan atau handmade gitu misalnya gelang, kalung, kamu bisa loh jualan, yang penting pesan dari om bewok adalah jangan Nipu, soalnya kepercayaan orang memang sedikit berkurang gara - gara pedagang nakal yang berbuat kebohongan, nanti kalau uang sudah di transfer lalu kamu nanyain yang biasanya orang nanya di LINE, akhirnya kamu di block dan fix mereka adalah penipu. Kalau udah seperti ini kasian buat penjual yang jujur.

Tips dari om bewok cari penjual yang followers-nya sudah banyak, tapi ga menjamin juga sih, bisa aja mereka beli followers, tapi kan kita meminimalisir agar tidak di tipu oleh penjual yang nakal, lalu selanjutnya harga yang wajar, kadang pembeli harus cerdas juga, dan harus tau harga yang wajar, ya kalau misalnya lebih murah, paling murahnya ga beda jauh sama toko sebelah.

Tips bagi si penjual, misalnya kamu pengen jualan gitu di instagram om bewok juga punya tipsnya

  1. Description Yang Jelas - HARUS JELAS dan Tidak Membingungka, kamu kasih contact yang bener - bener kamu bisa balas cepat, misalnya line kamu, whatsapp kamu, atau BBM kamu, tapi kebanyakan online shop di instagram menggunakan LINE, kamu boleh mengikuti online shop yang sudah sukses dari description-nya
  2. Jangan Cuman Jualan Terus - Maksudnya gimana sih om bewok ? Kamu bisa kok memberi tips, misalnya kamu jualan baju, nah kamu kasih tips gimana sih agar baju-nya tidak robek atau sablon-nya nempel, agar mereka follow karena senang dapat tips - tips seperti itu
  3. Foto & Caption Se-menarik Mungkin - Ini harus dilakuka, karena yang namanya manusia sangt suka sekali visual, jadi berilah gambarnya semaksimal mungkin, dan caption yang jelas caption memberitahu menggunakan produk apa & yang terpenting cantumkan harga, tapi ada juga orang yang berpendapat agar tidak mencantumkan harga, agar si pembeli nanya itu yang bisa si pembeli tertarik dan menarik
  4. Testimonial - Foto lah Bukti Resi kamu atau Bukti Chat kamu, agar kamu di lihat bahwa kamu memang penjual yang jujur dan bukan penipu, hanya sesekali aja jangan keseringan.
  5. Fast Response - Balas lah secepat mungkin agar mereka tidak perlu menunggu, kalau misalnya mereka ga balas lagi, tanyakan "apakah bapa / ibu berminat ? " 
  6. Private Account Or Non-Private - Ini yang sering ditanyakan, perlu account kita di private, kalau misalnya account kita di private siapa yang mau lihat, tapi biar orang penasaran mau ga mau mereka harus follow-kan, kalau dari sisi om bewok Non-Private agar semua orang bisa liaat produk kamu, soalnya kalau kamu private account, ada beberapa orang yang males buat follow, apalagi kamu lama acceptnya, hilang deh pelanggan kamu.
  7. Giveaway - Buatlah sekali giveway, dan dengan cara yang unik, seperti kenapa mereka harus beli baju di ...... dan mereka harus repost dan tag ke teman - temanya, otomatis followers kamu naik dan bisa jadi makin banyak yang beli
  8. Diskon Yang Menarik, Ya kamu juga bisa loh dengan membuat diskon yang menarik, misalnya mereka harus repost dan tag temanya maka akan mendapat diskon sekitar 15%, menarik bukan ? 
  9. Mempunyai Stock Lebih Sedikit | Ini tips marketing banget nih, bilangnya tinggal 10 stock padahal masih banyak, tapi lebih baik pas udah 10 stock abis ya bilangnya "nanti akan ada seminggu lagi, dan stocknya juga terbatas " dan otomatis orang berbondong - bondong buat buru - buru membeli produk tersebut.
  10. Sopan | Yap kamu harus tetap sopan walaupun pembeli kamu orangnya bawel, galak, nanya mulu eh taunya ga jadi beli, gapapa siapa tau akan muncul lagi, apalagi kamu harus sabar ketika nanyain resi-nya. udah seperti rentenir, galak ey haha.
Itu saja pembahasan dari om cara berjualan yang baik dan benar, Lanjutttttt


Wah pembahasan-nya jadi kemana - mana dari cara mendapatkan uang dari instagram, sekarang jadi hati - hati dalam membeli olshop dan terakhir Cara berjualan yang baik di online shop. Mungkin tutorial yang kedua tadi akan di perjelas di artikel selanjutnya.

Kedua - Endorsment - Promosiin Produk - Iklanin Produk
Apakah kamu tau artis instagram seperti Clairine Clay, dan ada beberapa anggota dari indovidgram yaitu benakribo, aulion, chandra liow, marlo ernesto. Mereka adalah artis - artis instagram atau di sebut jug dengan selegram, Terus dapet uangnya mereka ? Sabar, om bewok ceritain dulu dari awal mereka lahir, eh maksudnya dari awal mereka bisa dapat uang.

Mereka mempunyai followers yang tidak sedikit, karena mereka mempunyai keunikan sendiri - sendiri oleh karena itu banyak orang yang suka kepada karya mereka, contoh : ada yang bikin video lucu, hebatnya mereka bikin video di jaman itu hanya 15 detik dan mereka bisa membuat kita nyengir atau kadang ampe ngakak, bukan hanya lucu saja, tapi ada juga yang membuat karyanya penuh kesabaran dan kreatif seperti aulion, dengan kesabaranya membuat slow motion, kalau ada yang belum tau slowmotion, slowmotion adalah foto yang bergerak, jadi tiap object bergerak, kamu harus foto, pokoknya kamu harus penuh kesabaran, nanti om bewok bikin tutorial-nya. Ada juga Vendryana dengan masak - memasak, ada bena dengan geek-nya semuanya mempunyai karya yang berbeda, tapi itu lah yang membuat dunia instagram jadi lebih berwarna, masih banyak banget selain mereka.

Ini dia yang kita tunggu, Mereka dapat uang dari produk yang ingin di promosikan melalui akun instagram mereka, Harganya berapa untuk mem-promosikan produknya ke mereka ? itu tergantung kesepakatan dari kedua pihak, ya kalau followersnya makin banyak biayanya juga semakin mahal, malah ada yang sekali ngepost instagram itu sekitar 6 jt-an, wow cukup fantasti. Tapi ada juga yang tidak di bayar jadi hanya di kasih produk lalu produknya buat kamu, enak juga dapat produk gratis, apalagi kalau udah dapat produk gratis + Uang. WOW. Oh iya tetapi bukan berarti mereka mudah mendapatkan followers, sulit loh, bikin video unik atau kreatif hanya 15 detik, tapi kalau sekarang instagram sudah bisa membuat video lebih lama sih sekitar 1 menit-an tapi tetap aja sulit kalau waktu-nya di batasin.

Kalian bisa loh menjadi seorang selebgram, misalnya kamu pintar bikin video kreatif dengan efek - efek yang keren, atau membuat foto - foto dengan keren, pemandangan misalnya atau makanan. Terus ada yang nanya lagi sama om bewok

"Tapi om kan aku malu orangnya, aku ga suka namaku terkenal ? ".

Gampang kamu bisa membuat username bukan nama kamu, mungkin kamu pernah tau akun instagram dagelan ? MCI ? generasi90an?, masih banyak lagi, mereka adalah orang - orang yang menggarap serius akun instagram mereka, dan untungnya ga main - main jika mereka ngiklanin produk, ratusan juta bro. Jadi sekarang intinya masih banyak peluang kalau kamu ga bisa di kerja kantoran, malah enak kerja kayak gini, ga kena macet  - macetan.

Tiga - Ngisi Seminar
Ini jika kamu sudah mulai di kenal banyak orang ya, mungkin kamu akan mendapatkan panggilan ke kampus - kampus, wah kamu jadi banyak relasi nih, biasanya topik yang di bawakan dalam seminar ga beda jauh - jauh dari sosial media, content creator, how to be creative, wah kamu jadi makin di kenal banyak orang dan orang tua kamu makin bangga tentunya. Oh iya kalau untuk seminar sudah pasti di bayar loh, tapi om bewok kurang tau untuk biaya-nya, soalnya om bewok belum pernah makanya panggil om buat isi seminar kamu dong#ngarep.

Empat - Jual Produk Sendiri
Ini juga sama jika kamu mulai di kenal banyak orang, maka produk yang kamu buat pasti laku, tapi bukan berarti pasti laku, dan produk kamu kurang bagus ya, misalnya kamu membuat baju dengan design kata - kata yang menarik. Kamu juga harus perhatikan kualitas baju yang kamu buat, udah nyaman belum atau font kata - katanya udah menarik belum, maksudnya kalau misalnya gw yang pake, gw malu ga ya ? itu cara orang nge-tes produknya bisa di terima semua orang atau tidak, caranya ya itu di pertanyakan untuk diri sendiri. Ada Tips ketika kamu jual produk atau endorsment, Cari waktu yang pas ketika orang sedang aktif ig, caranya gimana ? kan sekarang sudah ada instagram story, yang belum tau cara main instagram story bisa lihat di sini. Lanjut. Jika kamu sudah update Instagram yang baru maka kamu akan mendapatkan fitur instagram story, nah kamu perhatikan orang saja, jam berapa mereka mulai online di instagram dan satu lagi kamu bisa lihat di bagian love kamu, kan keliatan tuh following kamu sedang like siapa atau sedang follow siapa, kan jadi keliatan jam berapa mulai online-nya. Setelah om bewok telusuri jam - jam online seperti jam makan siang jam 12- 13.30, jam pulang sekitar jam 16.00 - 19.00 dan jam mau tidur sekitar jam 21.00 - tengah malam.

Tips selanjutnya ketika kamu membuat produk cara promosiin jangan terus - terusan ntar orang jadi males liat akun instagram kamu mulu karena kebanyakn jual produk, dan kamu juga harus menggunakan foto, caption semenarik mungkin jadi agar kamu ga terlau keliatan jual produknya, kamu bisa kok edit - edit photoshop, nanti om bewok bikin tutorialnya, bikin promosi produk di instagram.

Lima  - Jadi Youtuber | Oh jelas, sudah banyak sekali orang - orang yang dari instagram pindah ke youtube, ntah mereka mau bikin sketsa, vlog-lah, masak dan lain - lain, jadi youtuber juga penghasilan juga ga main - main, hampir semua sama seperti penghasilan dari instagram, bedanya mereka juga dapat iklan dari youtube, yang kalian sering SKIP AD itu loh di awal video :(.

Enam - Bikin Buku | Kalau kamu suka nulis dan memang passion kamu, wah kamu bisa cepat laku nih bukunya, sudah pasti best seller kalau kamu sudah terkenal, seperti misalnya raditya dika, wah sudah terkenal bikin apapun pasti laku entah itu buku, film hebat lah orang yang seperti raditya dika.

Ayo jadi anak muda indonesia yang berkreatif

No comments:

Post a Comment