CARA MUDAH MEMBUAT DAFTAR PUSTAKA DI MS. WORD - Tutorial Programming & Digital Marketing

STAY HUNGRY STAY FOOLISH

Breaking

Home Top Ad

Thursday, June 2, 2016

CARA MUDAH MEMBUAT DAFTAR PUSTAKA DI MS. WORD


Saat menulis laporan ilmiah seperti laporan kerja praktek, skripsi, atau bahkan menulis buku. Kita pastinya menulis daftar pustaka sebagai referensi dari tulisan kita. Dalam menulis daftar pustaka, Ms. Word telah menyediakan tool khusus yang dapat memudahkan kita dalam menuliskan daftar pustaka.

Cara ini berhubungan dengan cara penulisan kutipan pada Ms. Word. Karena kita menggunakan source yang kita masukkan saat menulis kutipan. Namun jika anda tidak menggunakan citation saat menulis kutipan anda tetap bisa menggunakan cara ini untuk menulis daftar pustaka.

Caranya adalah sebagai berikut.
Klik REFERENCES pada menu-bar, lalu pilih Manage Source untuk mengatur referensi yanng akan dijadikan daftar pustaka,
Maka akan muncul jendela seperti ini


Pada master list, anda pilih source mana saja yang akan dijadikan daftar pustaka, setelah itu klik Copy, kemudian klik Close
Jika master list anda masih kosong, anda bisa klik New, maka akan muncul jendela seperti ini:


Jika nama penulis lebih dari satu orang, pada kotak isian Author klik Edit, dan akan muncul sebuah jendela baru seperti ini:


Setelah anda isi nama depan, tengah, dan belakang penulis pertama, Klik Add. Lalu ketikkan nama penulis berikutnya dan klik Add lagi. Setelah itu klik Ok.

Selanjutnya jika anda telah selesai me-manage source seperti pada gambar kedua, kembali lagi di menu-bar REFERENCES dan pilih Bibliography, dan pilih model daftar pustaka yang anda inginkan.


Cara ini lebih mudah kan?
daripada kita harus mengetik satu-satu daftar pustaka dengan aturan penulisannya yang agak ribet :D

Ok, Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment