Belajar Javascript es5 Dan es6 Part 8 Mengenai Array Of Object & JSON - Tutorial Programming & Digital Marketing

STAY HUNGRY STAY FOOLISH

Breaking

Home Top Ad

Monday, August 19, 2019

Belajar Javascript es5 Dan es6 Part 8 Mengenai Array Of Object & JSON

bewoksatukosong.com |  Kali ini kita akan melanjutkan tutorial belajar javascript mengenai array of object & json part 8. Sebenarnya array of object sekilas mirip sekali dengan json, hanya perbedaan-Nya hanya double quotes saja, nanti om bewok coba buat perbandingan-Nya.

JSON (JavaScript Object Notation) adalah format pertukaran data yang ringan, mudah dibaca dan ditulis oleh manusia, serta mudah diterjemahkan dan dibuat (generate) oleh komputer. 

Kesimpulan-Nya Json itu format data. Jadi kalau kamu mau membuat aplikasi entah mobile, web atau desktop. Untuk mengambil data-Nya sudah pasti format json. 

Untuk membuat data menjadi JSON di sebutnya sebagai rest api server dan di tampilkan data-Nya ke web atau mobile atau ke user lah atau juga user interface di sebutnya rest api client atau juga disebut http client.

http client atau rest api client ini bisa banyak banget caranya, dengan menggunakan framework javascript. Contohnya react js, angular, vue dan masih banyak lagi. 

Kalau contoh rest api server yang mana untuk membuat data menjadi json, Inti dari rest api server kan sebenarnya gitu, mengubah data menjadi format json agar bisa di akses atau di tampilkan pada website atau mobile atau desktop. ngerti ya ? harus ngerti dong, kalau belum mengerti bisa tulis di komentar.

Oh iya artikel ini hanya membahas dasar json, untuk yang lebih detail-Nya nanti bisa lihat tutorial yang lain, tungguin ya.

Kali ini kita membuat array of object, array yang di dalamnya ada object mirip sekali sama json. Yuk kita buat

Buat folder terlebih dahulu dengan nama 8_arrayObjectJson lalu buat file dengan nama latihan1.html

Kodingan-Nya seperti dibawah ini ya

Tampilan-Nya seperti di bawah ini.
Gambar 1. Array Of Object



Selanjutnya untuk mengubah data menjadi json, kita buat file terlebih dahulu dengan nama latihan2.html
Kodingan-Nya seperti di bawah ini ya
Tampilan-Nya seperti di bawah ini ya
Gambar 2. Format JSON


Bisa kita lihat perbedaan array of object dan json seperti gambar di bawah ini
Gambar 3. Perbedaan Array Of Object Dan JSON
Terlihat perbedaanya hanya di bagian double quotes pada property. Kalau kalian penasaran contoh json bisa lihat di sini https://jsonplaceholder.typicode.com/users
Jadi intinya json itu cara buat-Nya object yang di bungkus oleh array tanpa nama array. Kalau masih bingung lanjut terus belajar javascript-Nya biar lebih paham lagi.
Selanjutnya kita akan belajar mengenai Looping dalam javascript

2 comments:

  1. Replies
    1. ini mas https://www.bewoksatukosong.com/2019/07/belajar-javascript-fundamental-modern-es5-es6-2019.html

      Delete