Cara Membuat Splash Screen Pada VB.NET (Tampilan awal Aplikasi Pada VB net) - Bewok Tekno

STAY HUNGRY STAY FOOLISH

Breaking

Home Top Ad

Monday, April 17, 2017

Cara Membuat Splash Screen Pada VB.NET (Tampilan awal Aplikasi Pada VB net)

bewoksatukosong.com | Halo Semuanya balik lagi dengan om bewok, kali ini om bewok bakal share cara membuat splash screen pada vb net.
OM BEWOK, SPLASH SCREEN ITU APA SIH OM ? 
Menurut  blog ini splash screen adalah tampilan yang pertama kali muncul pada aplikasi entah itu android, java dekstop atau yang sedang kita buat tutorialnya, yaitu vb dot net.

Sebelum kita ngoding, kita akan design terlebih dahulu, maksud-Nya om bewok, apa saja yang di gunakan untuk membuat splash screen. oh iya om bewok mengambil contoh aplikasi dari tutorial aplikasi pendaftaran siswa, jadi designya terlihat lumayan....lumayan jelek haha

Mari Kita Mulai Tutorialnya *Teng Teng Teng (suara ring tinju)
  1. First of all, kamu buat project terlebih dahulu, dengan nama tutorial_splashscreen (bebas sih)
  2. Setelah itu akan muncul sebuah tampilan dengan nama form1
  3. Sebelum kita menambahkan Item-Nya, kita terlebih dahulu menambahkan form2. pasti banyak yang nanya. kenapa kenapa kenapa ? karena setelah splash screen di jalankan dan sudah selesai, maka splash screen tersebut akan menuju form 2, dan biasanya sih setau om bewok form2 nya itu adalah form login, tapi untuk saat ini kita belajar splash screen terlebih dahulu, nanti di tutorial selanjutnya, om bewok akan ajarin kamu cara membuat login menggunakan vb net dan mysql, jadi kalian harus subscribe di sidebar kanan biar ga ketinggalan atau kalau kangen ama om bewok, tiap hari aja di bukanya website om bewok muehehe
  4. Cara membuat form2 nya dengan cara : Klik Project => Add Window Form => Membuat nama yaitu form2.vb (ga perlu screenshot ya pasti kamu bisa kok)
  5. Mari kita tambahkan item - item yang di perlukan, semuanya ada di gambar ya. kalian perhatikan baik - baik. Item nya ada label, picture box, progress bar, timer
  6. Sebenarnya yang paling penting adalah progress bar dan timer
  7. Untuk label dan picture box hanya tambahan aja, tapi agak terlihat aplikasi sungguhan  kalian perlu menambahkan itu semua.
  8. Biar ga bingung penempatanya bisa lihat di sini. 

  9. Kalian bisa mencari item nya di sebelah kiri namanya Tool Box (siapa tau ada yang belum tau gitu, ya ga sih?)
  10. Sudah ? santai aja bikinya, om bewok tungguin kok kalau kamu belum bisa, berharap yang lihat tutorialnya cewe, tapi padahal programmer kebanyakan cowo, daan om bewok nulis kayak gitu, IHHH.
  11. SELANJUTNYA *Eh maaf capslock kepencet* selanjutnya kita klik 2x Timer1 untuk kita coding, ini bagian kesukaan........gatau kesukaan siapa, om bewok juga ga suka ngoding, om bewok cuman suka design-Nya aja. muahaha *canda tapi serius(gimana sih?)
Public Class Form1
    Private Sub Timer1_Tick(sender As System.Object, e As System.EventArgs) Handles Timer1.Tick
        ''Me.Opacity = 0.8
        ProgressBar1.Value += 2
        If ProgressBar1.Value = 100 Then
            Timer1.Dispose()
            Me.Visible = False
            Form2.Show()
        End If
    End Sub
End Class

Setelah itu kalian jalankan. HOREEE BISAAA.

Itu saja tutorial om bewok, kalau kalian masih bingung, kalian bisa tanya di kolom komentar dibawah. Ok semoga teman - teman bisa. dan have a nice day semua 😂😂

3 comments:

  1. Hasilnya Form 2 can refer itself.. gimana ngatasinya bro

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. coba codinganya langsung copas aja gan, jgn jgn ada yang salah kodinganya

      Delete