Cara Menambahkan Multi User Pada Wordpress Part 8 - Bewok Tekno

STAY HUNGRY STAY FOOLISH

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, April 2, 2018

Cara Menambahkan Multi User Pada Wordpress Part 8


bewoksatukosong.com | Halo halo balik lagi dengan om bewok kali ini om bewok akan memberikan Tutorial Cara Menambahkan User Pada Wordpress Part 8. Kenapa part 8 ? karena tutorial ini adalah Tutorial Series Membuat Website Menggunakan Wordpress Tanpa Koding, Yang mau lihat list-Nya bisa lihat link-Nya dibawah ini. 
http://www.bewoksatukosong.com/2018/03/cara-membuat-website-blog-menggunakan-wordpress-tanpa-coding.html

Wordpress sudah menyediakan fitur ini, jadi kita ga perlu lagi untuk koding. Wordpress ini mempunyai peran user yang berbeda-beda, ada 5 user yang berbeda-beda tugasnya, yaitu ada Subscriber, Contributor, Author, Editor dan Administrator. nah om bewok akan menjelaskan satu persatu fungsi-Nya masing-masing, sebelum om bewok kasih tau Cara Menambahkan User pada Wordpress
  1. Subscriber adalah bisa dibilang pembaca setia blog kita, jadi dia juga bisa punya akun juga loh isinya, ya bisa update profil mereka, bisa melihat artikel kita yang terbaru dan bisa komentar, ya tidak beda jauh seperti pembaca-pembaca pada website lain hehe
  2. Contributor adalah ini dia bisa dibilang sebagai penulis dari pembaca, biasanya kan ada tuh pembaca kita suka ingin nulis juga di artikel kita, alhasil kita bisa menggunakan model user seperti ini agar pembaca kita bisa ikut menulis di blog kita, Nah contributor ini tidak bisa langsung mempublish artikel tersebut melainkan harus direview melalui seorang editor, nanti om bewok jelasin lagi mengenai editor di nomer selanjutnya. 
  3. Author adalah Orang yang bekerja di webstie tersebut, ini biasanya website-Nya yang sudah besar tentunya bukan pribadi lagi, nah author ini bedanya dengan contributor adalah author bisa langsung mempublish artikel tersebut tanpa perlu di review seorang editor, tapi bukan berarti ga bisa di review oleh editor, jadi di Author ini ada fitur Save Draft. Jadi setelah Author menulis, Editor bisa langsung mereview tulisan si Author, agar ketika di publish tidak ada kesalahan dan masih mengikuti gaya penulisan website tersebut, karena tiap website mempunyai gaya khas-Nya masing-masing, seperti malesbanget.com, Hipwee.com, Idn Times dan masih banyak lagi. 
    Gambar 1.1 Save Draft
  4. Editor, nah ini nih daritadi tiap nomer di omongin terus si Editor, editor ini fungsi-Nya ya editor, dia yang mereview tulisan sebelum di publish, Editor bertanggung jawab pada artikel-artikel yang akan di publish di web tersebut (gede nih tanggung jawabnya.). Dia juga bisa menambahkan Pages dan lain-lain. 
  5. Administrator, yaa kalian tau lah ya, kalian mengedit, install plugin, edit tema ya itu tugas-Nya seorang admin, tapi kita bisa juga menambahkan admin loh, jika admin1 sedang sibuk, maka admin2 bisa membantu-Nya.
Oke itu semua yang kita dapatkan dari wordpress, banyak sekali manfaatnya, jadi kalau kalian ingin membuat website lebih profesional lagi seperti membuat Hipwee, malesbanget.com, dll kalian bisa hanya menggunakan CMS Wordpress, yang paling penting dari semuanya adalah isi konten-Nya itu sendiri, dan jangan lupa loading website semakin ringan orang semakin seneng baca artikel kamu. 

Selanjutnya om bewok bakal sharing Cara Menambahkan User Pada Wordpress. Om bewok sudah membuatkan username dan password-Nya , kalian bisa ikutin dulu biar ga bingung, nanti kalau blog kamu sudah berjalan kamu pake akun yang beneran ya
Gambar 1.2 Daftar nama user
  1. Pastikan kamu login sebagai admin ya. 
  2. http://localhost/learn_wordpress/wp-admin
  3. Klik Menu Users - Add New (seperti gambar dibawah ini ya). 
    Gambar 2. Klik Menu Users - Add New
  4. Kamu masukan username, email, firstname, lastname, password, ROLE (ini yang paling penting menentukan peran-Nya karena ada 5 pilihan : Subscriber, Contribute, Editor, Author, Administrator. 
    Gambar 3. Ada 5 Role User
    Gambar 4. Administrator

    Gambar 5. Author

    Gambar 6. Contributor

    Gambar 7. Editor

    Gambar 9. Subscriber
  5. Setelah selesai, kamu logout akun kamu, lalu kamu login menggunakan username dan password yang sudah kamu buat. Coba pahami tiap role model apa saja perbedaan dari 5 user tersebut, walaupun om bewok sudah menjelaskan diatas, tapi alangkah lebih muda jika kamu juga mencobanya.
  6. Selesai
Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat bagi teman-teman, mungkin bakal ada yang nanya 
Om kenapa ga bikin form register, masa subscriber, ma contribute harus dari admin buat daftar-Nya kan jadi ribet om ??
Betul sekali, nanti om bewok bakal bikin Cara membuat Form Register Pada Wordpress, Stay tune ya.

Oh iya om bewok mau mengingatkan, artikel ini adalah Tutorial Series Belajar Membuat Blog Menggunakan Wordpress Tanpa Koding, yang mau lihat Tutorial-Nya bisa lihat dibawah ini ya

No comments:

Post a Comment