Sejarah Singkat HTML - Bewok Tekno

STAY HUNGRY STAY FOOLISH

Breaking

Home Top Ad

Thursday, April 28, 2016

Sejarah Singkat HTML

 Kali ini om aji akan menuliskan sejarah singkat tentang HTML. Kebanyakan orang sudah mengenal HTML(hypertext markup language) terutama orang yang berkecimpung dalam dunia persilatan eh maksud nya  dunia web development. Tapi tahukah kamu, kapan pertama kali HTML dibuat dan dipublikasikan?Jadi pada suatu hari hiduplah seorang html, oke yang tadi bercanda, kali ini serius tapi santai let's check it outtt !

Ok, HTML pertama kali dirancang pada tahun 1989 oleh Tim Berners-Lee seorang ilmuwan inggris yang saat itu sedang bekerja di CERN, dengan tujuan untuk memudahkan sesama ilmuwan CERN dalam berbagi hasil penelitian.

HTML pertama kalli di publikasikan pada tahun 1991 dengan dokumen yang berjudul HTML Tags oleh Tim Berners-Lee. Perancangan HTML didasarkan pada konsep bahasa mark up yang disebut SGML(Standard Generalized Mark up Language)yaitu standar internasional untuk membuatdokumen dengan tanda(mark) seperti paragraf, list, heading, dan lainnya. Tapi tidak semua fitur dalam HTML didasarkan dari SGML.
Untuk menjalankan HTML Tim Berners-Lee mengembangkan web browser pertama yang dinamakan world wide web yang kemudian berganti nama menjadi nexus. 

Pada tahun 1993 HTML 1.0 diajukan oleh Tim Berners-Lee dan rekannya Dave Raggett ke IEFT(Internet Engineering Task Force) sebuah badan internasional yang menangani arsitektur internet, untuk mengatasi banyaknya web broser yang bermunculan, namun hal ini gagal karena melewati batas waktu yang ditentukan oleh IEFT.

pada tahun 1994 HTML 2.0 disahkan oleh IEFT sebagai standar resmi HTML pertama. Spesifikasi HTML 2.0 didasarkan pada draft HTML 1.0 dengan penambahan beberapa fitur yang bannyak digunakan oleh berbagai web browser waktu itu.

Pada pertengahan tahun 1995 Dave Raggett yang saat itu bekerja di Hewlett-Packard(HP) mengajukan draft HTML 3.0 kepada IEFT, namun draft ini ditolak karena menuai banyak perdebatan dan akhirnya gagal menjadi standar baru HTML.

Pada januari 1997 standar HTML 3.2 resmi dipublikasikan oleh W3C(World Wide Web Consortium) sebuah lembaga yang didirikan oleh Tim Berners-Lee. HTML 3.2 menambahkan fiturbaru seperti <table> dan sudah mendukung pemisahan antara konten dengan tampilan.

Pada desember 1998 HTML 4.0 resmi dirilis dan mendukung penuh penggunaan CSS serta fitur multimedia.
Setahun kemudian pada desember 1999 HTML 4.01 resmi dirilis untuk menyempurnakan error yang ada pada HTML 4.0. Tapi  karena keterbatasan yang ada pada HTML maka W3C mencoba beralih ke bahasa mark up yang lain yaitu XML dan akhirnya HTML beralih menjadi XHTML.

Pada januari 2000 XHTML 1.0 dirilis oleh W3C, W3C berpendapat bahwa XHTML adalah bahasa web masa depan sebagai penerus dari HTML.
pada 2001 XHTML 1.1 telah dirilis dengan memperkenalkan modul-modul untuk memisahkan bagian halaman XHTML.

selama agustus 2002 sampai juli 2006 W3C merancang XHTML 2.0, namun ini menuai banyak protes dari para programmer hingga akhirnya diberhentikan.

akhirnya pada 28 oktober 2014 W3C merilis HTML5 yang dikembangkan bersama oleh W3C dan WHATWG (Web Hypertext Aplication Tecnology Working Group) sebuah grup yang didirikan oleh beberapa programmer dari Aple, Mozilla Foundation, dan Opera Software.

Demikian sejarah singkat dari HTML, Semoga dengan tulisan ini tidak membantu.

No comments:

Post a Comment