Cara Berjualan Online OLSHOP Di Instagram Agar Cepat Laku Dan Laris - Bewok Tekno

STAY HUNGRY STAY FOOLISH

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday, August 21, 2016

Cara Berjualan Online OLSHOP Di Instagram Agar Cepat Laku Dan Laris


bewoksatukosong.comcara menjual online shop #olshop di instagram dengan baik dan benar.  Sekarang hampir semua orang jualan olshop terlebih tidak perlu modal dari segi sewa tempat nya dan sudah pasti enaknya tidak bertatap muka, hanya chat menggunakan line, bbm atau whatsapp, Deal, Transfer uang, barang nyampe, penjual dan pembeli senang deh. 

Mungkin teman - teman di sini ada yang baru mulai jualan olshop dan tidak tahu harus bagaimana untuk awal cara jual nya di instagram. Wah kamu beruntung banget kalau kamu jualan online shop di instagram terus baca artikel ini, terlebih om bewok juga senang karena bisa bantu kamu yang mau jualan online shop. Langsung saja om bewok kasih tau, 

Bagaimana cara menjual online shop #olshop di instagram dengan baik dan benar

1. #ide 
Hal pertama yang kamu harus lakukan ketika kamu ingin jualan online shop adalah mencari ide, ide di sini sangat penting kalau kamu ga  ada ide buat jualan, ngapain jualan ?. kalau kamu bingung mau jualan apa, tapi kamu pengen banget jualan online, nah coba hobi kamu apa ? misalnya suka ganti cowo hobby kamu, Wew kalau ganti cowo mah itu bukan honi tapi emang gesrek aja.  ayo ayo kali ini serius. Misalnya : kamu hobi banget yang namanya beli jam sampe tau harga - harganya, sampe tau jam ini ori atau tidak, sampe tau tempat jam - jam murah. nah kamu boleh nih mencobanya, karena pekerjaan paling menyenangkan adalah hobi yang di bayar. YES akhirnya bisa serius juga huft. Coba contoh yang lain lagi ya, kamu misalnya suka banget belanja baju, suka aja tapi ga pernah di pake. FIX kamu harus jualan baju kalau kayak gitu.

2. #modal, Modal Perlu Atau Tidak ?   
Sebenarnya kamu mau menggunakan modal kamu sendiri atau enggak, itu sih terserah kamu aja, tapi kalau kamu memang jualan tanpa modal juga bisa kok, modalnya cuman laptop hp ama internet. That's it, caranya gimana ? kamu jadi reseller atau dropshipper, jadi barangnya ga di kamu, jadi jika ada yang beli sama kamu, kamu hanya bilang ke supplier nya lalu kamu transfer ke si supplier, lalu si supplier akan mengirimkan barangnya ke pengirim, kamu bisa menaikan harganya tentunnya sekitar 15 -30 rb tergantung produk yang kamu jual, enak-nya lagi terkadang kamu dapat fee dari si supplier. menurut om bewok kalau kamu baru merintis usaha online lebih baik kamu menggunakan cara seperti ini, menghindari rugi tentu saja, setelah kamu sudah cukup berani jual sendiri dan penjualan setiap hari nya selalu ada nah kamu baru mulai sedikit - demi sedikit punya stock barang, uangnya ? ya dari uang kamu ketika masih menjadi dropshipper, tapi beli barangnya jangan ke supplier lagi, kamu cari tempat yang benar - benar gudangnya produk kamu apalagi kalau kamu tinggalnya di jakarta wah gampang deh nyari produk apapum soalnya pusatnya memang di jakarta, pasti lebih murah, asalkan kamu beli barang yang lumayan banyak, terus si supplier yang tadi di kemanain ? dia buat pegangan kamu aja, kalau kamu ga ada stock barang, baru kamu tanya si penjual yang tadi. Gimana ide om bewok ? keren kan ?. Oh iya untuk mencari dropshipper gitu kamu bisa kok cari di kaskus. biar banyak supplier dropshipper nya, kamu cari juga penjual yang barangnya murah, nanti kalau ada yang beli dari kamu alamatnya langsung aja ke pembeli yang dari kamu. seolah - olah kamu pembelinya, padahal kirim alamat nya ke pembeli yang dari kamu. 

3. Nama Brand / Nama Olshop / Nama Produk
Kamu cari nama olshop kamu sekiranya yang paling gampang diinget, biar orang - orang langsung inget, jangan buat nama - nama yang susah apalagi nama nama orang rusia,  misalnya eragon store itu keren menurut om bewok, jangan kasih nama juga dengan jam tangan murah bla bla, sebenarnya gapapa juga sih, tapi buat lah nama olshop kamu ini profesionnal dan ga ada orang yang menyamainya. Untuk username instagram juga seperti itu, jangan yang ribet misalnya kita mau bikin product jam tangan dengan nama betterwatch.

4. Konsisten dengan nama olshop kamu
Maksudnya gimana sih om bewok ? kamu harus konsisten dengan nama olshop kamu, misalnya kamu mau jualan di berbagai tempat bukan hanya di instagram tapi di facebook, twitter path, nah kamu harus konsisten dengan nama kamu. misalnya nama olshop kamu betterwatch, berarti instagram, path, twitter dan facebook kamu harus username-nya @betterwatch

5. Profil Deskripsi kamu harus singkat dan jelas
Ini juga ga kalah penting kamu juga harus membuat deskripsi dengan jelas, misalnya kamu jualan jam tangan. lalu description nya yaitu. Jual Jam Tangan Murah. lalu di bawahnya kamu tulis line kamu, no hp kamu, atau bbm. Tapi yang om bewok liat sekarang sudah jarang sekali orang menggunakan banyak contact, karena kata teman om bewok kalau terlalu banyak contact nya jadi pusing ngurusnya apalagi kamu doang yang ngerjain ga ada teman-nya, memang ga terasa kalau awal - awal tapi kalau sudah rame #olshop nya kamu bakal kewalahan, bayangkan kalau line kamu ada 49 pesan, wa 20 , bbm ada 30 kamu pusing, mending kalau itu pada beli semua kalau cuman nanya - nanya aja ujung - ujungnya liat aja nanti, ya sudah lah gpp di php in pembeli.

6. Gambar Dan Caption Harus Jelas
Maksudnya gambar kamu harus jelas apa yang kamu jual, jangan asal - asal an, nanti om bewok bakal share cara membuat studio mini pake kardus, lampu dan karton agar product kamu terlihat profesionnal, kalau kamu masih menjadi dropshipper produknya kan yang foto suppliernya jadi tenang aja, mereka biasanya sudah profesionnal, yang jelas gambarnya kamu masukin username kamu  misalnya kamu upload di instagram, nah kamu tambahkan akun username kamu @betterwatch agar foto nya tidak di colong orang, istilahnya watermark nya lah. 

Caption. Captionya juga harus jelas misalnya produk kamu jam G-Shock 662 Harga 250.000 Call Line @betterwatch lalu pake hastag #, ini penting loh jika orang lagi iseng search produk jam tangan terus mereka pake hastag otomatis produk kamu muncul. Oh iya sebenarnya ga perlu cantumin juga gapapa, agar calon pembeli bertanya berapa harga jam tersebut, nah mereka biasanya kan lewat comment, tips dari temen om bewok katanya jangan bales, biasanya kalau orang yang benar - benar serius bakal contact kamu lewat line. atau contact yang mereka punya.  keren kan teman - teman om bewok ? 

7. Jangan Spam Di Comment Orang
Suka banyak banget penjual alat kelamin, kurang tinggi apalah itu suka spam di comment orang, apalagi di akun artis - artis, kalau kamu pake cara seperti itu, kamu bakal di sebelin banyak orang, dan tentu saja produk kamu malah jadi kurang laku, karena spam dimana, bukanya laku malah di hujat banyak orang, sama kayak youtuber si radha farhan.

8. Account Private Atau Tidak Private
Ini yang masih di pertanyakan oleh banyak orang, kalau akun kamu di private, orang bakal penasaran sama produk kamu tapi ada juga yang males bukanya, soalnya oarng terkadang ga ingin follow kaalau mereka belum beli akhirnya ilang deh pembeli. 

Kalau tidak private orang lebih mudah untuk lihat produk tanpa harus request akun kamu kan, kalau om bewok lebih prefer ke tidak private, tapi ada juga yang nyaman agar akun nya tida private itu piliha kamu.

9. Jam Upload Produk
Ini juga yang paling penting sih, kamu boleh upload terus tapi jangan upload tiap 10 menit, yang ada kamu di unfollow, anggaplah orang ke kantor naik transportasi dari jam 6 - 9 nah kamu upload saja tiap jam nya, karena ketika di transportasi mereka lebih manteing timeline instagram dari pada ngobrol sama orang yang ga dikenal. selanjutnya kamu upload di jam makan siang, di sini jam - jam orang aktif kembali bermain instagram. selanjutnya kamu upload lagi dari jam 4-6 sore, ini jam - jam orang kantor pulang dan sudah pasti main hp entah mereka pake trasnportasi atau bawa mobil pribadi, kan macet bro jadi ngapain lagi kerjaanya kalau lagi macet, pasti main hp. Jam 8-10 malem upload lagi, di situ di tentukan apakah ada orang yang berminat atau enggak, tapi kalau kamu baru jualan mah santai aja ga perlu gimana - gmana, kalau sepi di awal mah udah biasa, tapi kalau udah rame di awal kamu pasti kaget, 

7. Fast Response
Sangat di butuhkan ketika ada orang yang berminat dengan produk kamu, kamu harus bales cepat, pokoknya cepet jangan sampe 5 menit, ibarat calon pembeli kamu kayak pacar kamu, kalau kamu telat dikit pembeli kamu ilang, sama kayak pacar kamu, kamu ilang dikit ngambek. hehe. Oh iya satu lagi gunakan kata - kata yang sopan, boleh menggunakan baku tapi kalau bahasanya sehari - hari juga gapapa, tapi kalau om bewok di suruh milih enakan bahasa sehari - hari soalnya kalau terlalu baku ibarat kayak chatting sama operator, jadi biasa aja yang penting ga ngomong kasar.

8. Kirim Resi Pengiriman
Wah kamu senang betul kamu akhirnya ada yang beli produk kamu, nah biar testi kamu biar makin ++ sama pembeli kamu kirimkan resi pengiriman agar mereka makin percaya kalau kamu memang sudah mengirim produk tersebut, resi itu seperti nomer panjang kayak KTP gitu, jadi kalau kamu masukan no resi itu ke website pengiriman misalnya kamu mengriim menggunakan JNE, kamu coba masuk website JNE lalu kamu masukan resi kamu, akan keliatan produk kamu sudah sampai atau masih perjalanan atau bagaimana. Oh iya untuk ongkir ( ongkos kirim ) itu yang tanggung pembeli ya bukan kamu, kalau kamu pengen berbaik hati juga gapapa kok. 

9. COD (Cash On Delivery)
Ini tergantung kamu, kalau ingin COD juga boleh kok, tapi lokasi nya yang kamu ramai misalnya sevel, indomaret, jangan tempat - tempat yang sepi takutnya terjadi yang tidak  di inginkan apalagi kalau kamu cewe, bawa teman kamu misalnya mau COD-an apalagi kalau malem - malem, tapi jangan meng-iyakan kalau ketemuanya jauh, yang deket - deket aja, kalau misalnya rumah kamu di jakarta timur kalimalang terus ketemuanya di sevel jatiwaringin. Tips terakhir dari om bewok untuk COD jangan telat, biarin kamu datang lebih awal, karena kamu menjual sesuatu, mereka bisa aja terlalu nunggu lama akhirnya kabur ninggalin kamu. karena pembeli adalah raja, jadi kalau kamu penjual biarin kamu yang nunggu duluan. tapi kalau udah telat pembelinya kamu telpon ke pembelinya. takutnya mereka bohong lagi, soalnya banyak kasus seperti itu. Jadi hati - hati ya.

10. Endorsment
Kalau kamu sudah punya sedikit uang, kamu bisa meminta selebgram meminta pake produk kamu, biasanya mereka minta produk dan kamu harus bayar tapi ada juga yang minta produk kamu secara gratis tapi ga minta biaya, tiap orang beda - beda, setelah itu produk kamu akan di upload diakun selebgram tersebut, kalau kamu cuman punya uang sedikit ya lebih baik selebgram aja, kalau kamu punya uang yang cukup lumayan, kamu bisa contact artis loh, tapi harganya ga kira - kira bisa sekitar 8 jt cuman buat upload 1x. Tapi tanpa menggunakan endorsment kalau produk kamu menarik terus layanan-nya bagus, fast response, pasti bisa kok. ikutin aja langkah - langkah dari 1 - 9. Endorsment hanya option saja, tapi kalau kamu mau kenapa enggak ?  

Itu saja bagaimana cara menjual online shop #olshop di instagram dengan baik dan benar. Kalau kamu mau menambahkan bisa comment di bawah sini. Terima Kasih

No comments:

Post a Comment