Hal Hal Yang Harus Kamu Ketahui Mengenai Prosesor - Tutorial Programming & Digital Marketing

STAY HUNGRY STAY FOOLISH

Breaking

Home Top Ad

Sunday, May 1, 2016

Hal Hal Yang Harus Kamu Ketahui Mengenai Prosesor


Prosesor bagian penting dari bagian komputer, tanpa prosesor komputer tidak akan dapat berkerja. Karena prosesor adalah otak komputer.  Om bewok membahas hanya prosesor untuk yang lain nanti saja ya, apalagi soal mendapatkan pacar :p.

Pengertian Prosesor
Prosesor disebut juga dengan CPU (Central Processing Unit)/ Microprosessor dimana otak utama dari komputer yang  mengontrol seluruh jalanya sebuah komputer yang berfungsi untuk memproses semua informasi data yang diterima dari input yang kemudian menghasilkan output. Walaupun prosesor adalah pusat komputer / otak utamanya, prosesor tidak bisa bekerja sendirian, seperti manusia, tidak bisa sendirian soalnya kalau sendirian nanti galau ga ada yang bisa di ajak malam mingguan. uhuk .Tetapi membutuhkan dukungan dari perangkat lain seperti HDD dan RAM. Satuan kecepatan prosesor ialah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz) semakin besar kecepatan sebuah prosesor, maka semakin cepat pula kinerja komputer saat sedang melakukan proses.
Berikut ini bagian terpenting dari prosesor :
  1. Arithmatics Logical Unit (ALU) :  Berfungsi untuk membantu processor dalam mengerjakan beberapa tugas dasar yang terjadi sesuai dengan intruksi program seperti aritmatika. ALU merupakan unit tempat processor benar-benar melakukan pekerjaannya dalam pengoperasian sebuah komputer.
  2. Control Unit (CU) :  Control Unit (CU) merupakan bagian dari processor yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data seperti input dan output jadi bukan cuman rambu lalu lintas aja yang di jalan aja ada tapi di dalam prosesor juga ada lohhh. Control unit juga bertugas memberitahu Aritcmatics Logical Unit (ALU) mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data yang diperoleh, dan letak hasil ditempatkan. Berkat adanya unit ini, segala perhitungan dan eksekusi data dapat dilakukan secara teratur, tanpa tumpang tindih antara perintah satu dengan lainnya.
  3. Memory Unit (MU) : Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi.



No comments:

Post a Comment